Perbedaan Tor vs VPN vs Proxy Server

Perbedaan Tor vs VPN vs Proxy Server



www.mediatronika.com - Perbedaan Tor vs VPN vs Proxy Server

Perbedaan Tor vs VPN vs Proxy Server
Perbedaan Tor vs VPN vs Proxy Server

Apa itu Tor?

Tor atau "The Onion Router" adalah layanan yang dibuat untuk memungkinkan orang secara anonim (samar) menjelajah Internet. Ini adalah sistem terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung melalui jaringan relay  tanpa melakukan koneksi langsung. Manfaat dari metode ini adalah alamat IP Anda tersembunyi (tidak terdeteksi) dari situs yang Anda kunjungi dengan meneruskan koneksi Anda dari server ke server secara acak, pada intinya kehilangan jejak.




Kelemahan:


Tor memiliki kelemahan yakni memperlambat browsing Anda karena banyaknya hop yang dikirimkan data Anda. Bagi mereka yang peduli dengan mata-mata pemerintah, Tor diciptakan bersamaan dengan Angkatan Laut A.S. dan masih digunakan oleh banyak instansi pemerintah. Karena Tor telah banyak digunakan oleh politik, jurnalis, dan bahkan penjahat, banyak pemerintah mengawasi pengguna Tor. Hal ini berpotensi menyebabkan Anda dicurigai seorang yang memiliki sifat kriminal dan semua aktivitas online Anda dipantau.


Apa itu VPN?

Perbedaan Tor vs VPN vs Proxy Server
Perbedaan Tor vs VPN vs Proxy Server
Virtual Private Network adalah koneksi jaringan yang memungkinkan Anda membuat sambungan aman ke lokasi lain, sehingga memungkinkan Anda tampil seolah-olah berada di tempat lain. Komputer Anda membuat tunnel (saluran) virtual terenkripsi ke server VPN dan semua penjelajahan Anda muncul seolah-olah berasal dari server VPN. Semua lalu lintas Internet berjalan melalui terowongan terenkripsi ini, menjaga agar data Anda tidak tersadap oleh hacker di antara komputer Anda dan server VPN.




Kelemahan:


Sebaiknya Anda memilih layanan VPN berkualitas yang tidak menyimpan data atau log komunikasi. Jika agen pemerintah meminta penyedia VPN untuk mengungkapkan log, pengguna akan teridentifikasi. Selain itu, penting agar layanan VPN menerapkan load balancing (Penyeimbang Beban) dan pengacakan server yang tepat sehingga pengguna selalu terhubung ke server VPN yang berbeda.

Apa itu proxy?

Perbedaan Tor vs VPN vs Proxy Server
Perbedaan Tor vs VPN vs Proxy Server

Sebuah proxy, seperti VPN, mengarahkan lalu lintas Anda melalui komputer lain dan bukan komputer Anda sendiri. Meskipun ada server proxy publik dan swasta, hanya proxy pribadi, yang biasanya membayar, menyediakan jenis stabilitas atau keandalan.
Kelemahan:

Protokol proxy utama yang digunakan saat ini adalah SOCKS dan HTTP / HTTPS. SOCKS dan proxy HTTP tidak memberikan enkripsi, sedangkan proxy HTTPS menawarkan tingkat enkripsi yang sama seperti situs web SSL manapun. Namun, proxy tidak dirancang untuk melindungi semua lalu lintas Internet Anda, biasanya hanya browser. Selanjutnya, banyak proxy melewati alamat IP asli pengguna ke situs tujuan, sehingga tidak sesuai untuk pengguna keamanan atau pengguna yang sadar privasi. Akhirnya, proxy harus dikonfigurasi secara terpisah untuk setiap aplikasi (email, browser, aplikasi pihak ketiga) dan beberapa aplikasi mungkin tidak mendukungnya.

Kolaborasi Tor dan VPN

Keduanya dapat digunakan bersamaan satu sama lain untuk lapisan keamanan tambahan, namun ini secara pasti akan memperlambat layanan karena metode Tor untuk mengirim secara acak koneksi melalui banyak server di seluruh dunia. Namun, sangat penting untuk menggunakan VPN sehingga data Anda dienkripsi karena VPN digunakan untuk menjaga keamanan data. Penyedia VPN yang tidak menyimpan log sama pentingnya.

No comments:

Post a Comment

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih