Bagaimana Cara Melindungi Diri Sendiri dari WannaCry Ransomware ?

Bagaimana Cara Melindungi Diri Sendiri dari WannaCry Ransomware ?



www.mediatronika.com - Bagaimana Cara Melindungi Diri Sendiri dari WannaCry Ransomware ?

WannaCry 2.0 atau WannaDecrypt0r 2.0 ransomware telah menjadi salah satu ancaman keamanan terbesar akhir-akhir ini. malware ini telah menyebar di lebih dari 150 negara dan mempengaruhi lebih dari 200.000 komputer. Situasi ini bisa saja dihindari jika pengguna telah mendownload patch keamanan Windows yang dirilis pada bulan Maret. Nah, Anda masih bisa mendownload update dan ikuti beberapa langkah keselamatan dasar untuk menjauhkan diri dari serangan tersebut.

Ransomware telah mengalami kenaikan tajam dalam beberapa tahun terakhir, dan perkembangannya saat ini membuat ancaman yang sangat terkenal. Jika Anda suka memperbarui diri dengan perkembangan terakhir di dunia teknologi, Anda mungkin pernah mendengar tentang ransomware WannaCry yang terkenal, yang mengunci komputer. malware ini juga berjalan dengan nama lain seperti WannaDecrypt0r, WCry, dan Wanna Decryptor.

Bagaimana Cara Melindungi Diri Sendiri dari WannaCry Ransomware ?
Bagaimana Cara Melindungi Diri Sendiri dari WannaCry Ransomware ?

Apa itu ransomware WannaCry?

Hingga saat ini, lebih dari 150 negara telah terpengaruh oleh ransomware WannaCry, yang memanfaatkan kerentanan EternalBlue dan menggunakan email phishing. NSA adalah orang pertama yang menemukan kekurangan ini, dan diumumkan oleh ShadowBrokers pada bulan April. Setelah mengambil alih komputer, WannaCry mengunci mesin dan meminta sekitar $ 300 sebagai uang tebusan. Jika pengguna gagal membayar uang tebusan, harga akan meningkat seiring waktu.

Microsoft memang merilis sebuah patch untuk kerentanan yang bocor ini pada bulan April, namun banyak pengguna komputer dan administrator jaringan tidak memperbarui sistem mereka. Akibatnya, mereka bepotensi terserang.

Adakah peneliti keamanan menemukan cara mengatasi WannaCry kill switch?

Beberapa waktu yang lalu seseeorang peneliti keamanan bserhasil menemukan sebuah kill switch dan menghentikan penyebaran WannaDecrypt0r. Meskipun hal itu mungkin menghambat laju malware ini, Pembuat rasomware ini nya telah menciptakan versi update terbaru.


Bagaimana cara menghentikan ransomware WannaCry 2.0?

Malware utamanya memengaruhi bisnis dan menyebar melalui jaringan mereka untuk mengendalikan keseluruhan perusahaan. Tapi, bukan berarti orang lain aman. Jadi, jika Anda menggunakan komputer yang menjalankan sistem operasi Windows, Anda harus mengambil beberapa langkah pencegahan.

Anda harus melakukan kebiasaan menginstal security update. Jika Anda menjalankan Windows yang lebih lawas (Server 2003, Windows 8, XP), Anda perlu mengunjungi link ini untuk mendownload security update.

Dalam security advosory, Microsoft telah meminta customer untuk tetap waspada saat membuka dokumen dari sumber yang tidak tepercaya. Jangan klik pada tautan yang tidak Anda kenal atau download file dari sumber yang tidak dikenal. Microsoft juga merekomendasikan penggunaan perangkat lunak antivirus untuk Windows.

Terakhir, pastikan Anda menjalankan backup file sistem Anda secara teratur. Jika PC Anda terinfeksi dan file penting Anda dienkripsi, Anda bisa merecovery nya nanti.

Apakah Informasi ini tentang perlindungan dari ransomware WannaCry ini berguna? Jangan lupa untuk share ke teman Anda.

No comments:

Post a Comment

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih